4 Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo Seperti Semula

Sebagai pengguna ponsel memang cukup wajar jika sering mengganti tampilan keyboard agar tidak bosan. Namun tidak sedikit juga yang ingin mengembalikan keyboard HP Vivo seperti semula namun malah menemui kesulitan seperti error dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyimak pembahasan kali ini karena akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan. Dengan demikian keyboard HP Vivo Anda akan kembali normal seperti semula.

Alasan Kenapa Mengembalikan Keyboard

Alasan Kenapa Mengembalikan Keyboard

Ada beberapa alasan yang biasanya melatarbelakangi kenapa banyak orang memilih untuk mengembalikan keyboard HP Vivo seperti semula. Jadi, sebelum membahas tentang cara mengembalikan keyboard HP Vivo, silahkan simak bagian ini terlebih dahulu.

1. Terlalu berat dengan aplikasi keyboard

Kebanyakan keyboard custom biasanya hanya dapat dilakukan menggunakan aplikasi tambahan. Setiap aplikasi memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin banyak fitur yang dimiliki, maka semakin besar pula ukurannya. Tidak heran jika kebanyakan ponsel justru merasa performanya semakin berat untuk menjalankan aplikasi keyboard tersebut.

Hal ini semakin terasa apabila spesifikasi ponsel tidak cukup baik. Bahkan, dalam beberapa kasus ada juga yang mengalami hang dan akhirnya aplikasi berhenti beroperasi. Dengan keadaan seperti itu, akhirnya beberapa orang memilih untuk kembali ke keyboard asli bawaan karena cenderung lebih ringan.

Itulah sebabnya orang tersebut mencari bagaimana cara mengembalikan keyboard HP Vivo seperti semula.

Baca Juga:  Apa bedanya Punch hole dan waterdrop ? Bagus mana ?

2. Ingin kembali ke tampilan standar

Terkadang tampilan keyboard yang terlalu mewah justru cukup mengganggu. Beberapa orang juga menganggap efek terlalu berlebihan akan membuat penampilan ponsel kurang elegan. Sementara itu, keyboard bawaan HP Vivo memang cenderung lebih simpel dan sederhana.

Meski begitu desain tersebut justru malah nyaman untuk dilihat mengingat hampir setiap penggunaan ponsel pasti akan melihat tampilan keyboard.

3. Sering mengalami error

Alasan ini masih berkaitan dengan poin pertama. Jika ukuran aplikasi terlalu berat, maka error akan lebih sering terjadi seperti hang, sistem menjadi lemot, dan sebagainya. Kasus tersebut terjadi bisa dikarenakan spesifikasi ponsel yang tidak mencukupi atau dari aplikasi keyboard memang terdapat bug yang belum diselesaikan oleh developer.

Namun hal ini sangat mengganggu dan membuat pengguna memilih untuk kembali ke keyboard semula.

Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo Seperti Semula

Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo Seperti Semula

Bisa dibilang cara ini merupakan metode yang paling standar dan bisa dilakukan pada hampir semua tipe HP Vivo. Jadi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka menu pengaturan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu pengaturan pada ponsel. Mengingat semua tipe HP Vivo memiliki format yang serupa, sepertinya hal ini tidak akan terlalu membingungkan. Setelah itu cari menu Pengelolaan Sistem. Menu tersebut biasanya ditandai dengan simbol bulatan dikelilingi segi enam.

2. Pilih Bahasa dan Masukan

Selanjutnya pada menu Pengelolaan Sistem, pilih opsi Bahasa dan Masukan. Menu tersebut terletak di bawah menu Tanggal dan Waktu. Akan muncul beberapa pilihan, salah satunya adalah Metode Masukan Default dengan tulisan Gboard di bagian samping. Silahkan klik menu tersebut.

3. Pilih Gboard

Mengenai cara mengembalikan keyboard HP Vivo ke pengaturan semula, silahkan cari menu Keyboard dan Metode Masukan. Setelah itu pilih opsi Metode Masukan dan pilih Gboard.

Baca Juga:  ¬†Cara Menambah RAM HP Android, Main Game Jadi Ngebut, Performa Hp Kembali Prima

4. Masuk ke pengaturan keyboard

Setelah melakukan langkah di atas, Anda perlu memastikan apakah keyboard sudah benar-benar kembali seperti semula. Oleh karena itu, silahkan cek menggunakan aplikasi yang membutuhkan keyboard seperti catatan, SMS, atau aplikasi chat lainnya.

Meskipun termasuk keyboard bawaan, Anda tetap bisa memilih beberapa tema jika merasa bosan dengan tampilan standar. Vivo menghadirkan cukup banyak tema yang dapat Anda gunakan tanpa harus mengunduh aplikasi lainnya.

5. Mengganti tema

Untuk mengganti tema, Anda bisa masuk ke tampilan keyboard ketika mengetik dan tekan tombol koma. Setelah itu, tahan tombol tersebut hingga muncul icon roda gerigi. Anda akan dibawa ke halaman pengaturan keyboard dan silahkan pilih tema sesuai dengan keinginan. Namun, jika merasa tampilan standar lebih bagus, Anda bisa membiarkannya.

Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo dengan Menghapus Aplikasi

Jika Anda menggunakan aplikasi keyboard tambahan, maka cara paling mudah untuk mengembalikan ke keyboard default adalah dengan menghapusnya. Cara ini bisa dilakukan jika Anda benar-benar sudah tidak akan menggunakan aplikasi tersebut kembali.

Akan tetapi, jika Anda hanya bosan dan mungkin akan menggunakan lagi keyboard tersebut, maka silahkan lakukan cara pertama saja. Namun, pastikan ruang penyimpanan ponsel masih cukup besar agar tidak membuat kinerja ponsel melambat.

Berikut adalah cara mengembalikan keyboard HP Vivo dengan uninstall aplikasi.

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Pilih aplikasi keyboard yang sudah diinstal
  • Klik Uninstal
  • Selesai

Dengan melakukan langkah di atas, maka aplikasi keyboard akan terhapus. Apabila tidak ada aplikasi keyboard lainnya, maka keyboard yang akan dipakai adalah bawaan asli dari Vivo.

Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo dengan Force Stop

Force stop merupakan fitur ponsel yang memaksa sebuah aplikasi untuk berhenti sementara hingga kembali dinyalakan. Cara ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin menonaktifkan aplikasi keyboard tambahan tanpa harus uninstall.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon HP Vivo yang Mudah

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukannya.

  • Buka menu Pengaturan atau Settings
  • Cari aplikasi keyboard yang ingin dimatikan sementara
  • Klik tombol Force Stop
  • Aplikasi keyboard akan berhenti
  • Selesai

Setelah melakukan langkah tersebut, maka aplikasi keyboard akan otomatis berhenti dan kembali ke tampilan awal. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda cukup membuka aplikasi tersebut di bagian menu daftar aplikasi.

Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo dengan Hard Reset

Ini merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan, yakni dengan melakukan hard reset. Meski begitu, hal ini kurang direkomendasikan karena Anda harus menghapus seluruh data yang terdapat pada ponsel. Silahkan coba beberapa langkah sebelumnya terlebih dahulu sebelum melakukan ini.

Sebaiknya lakukan ini jika kondisi ponsel sudah cukup parah seperti terlalu lemot untuk menghapus aplikasi atau adanya masalah lainnya yang mengharuskan untuk melakukan hard reset.

  • Buka menu Pengaturan di HP Vivo
  • Scroll layar ke bawah dan pilih menu Pengelolaan Sistem
  • Pilih Buat Cadangan dan Atur Ulang
  • Pilih Hapus Semua Data
  • Klik Bersihkan Sekarang
  • Klik Berikutnya
  • Klik Oke
  • Tunggu sampai proses selesai

Ketika melakukan cara tersebut maka ponsel akan otomatis melakukan restart. Setelah selesai, maka tampilan ponsel akan kembali seperti semula seperti tema dan juga keyboard.

Kelebihan Menggunakan Keyboard Bawaan Vivo

Di bagian awal sudah dijelaskan beberapa alasan kenapa orang ingin mengembalikan tampilan keyboard seperti semula. Secara garis besar berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan keyboard bawaan Vivo.

  • Tidak memakan ruang penyimpanan
  • Ringan digunakan
  • Tampilan sederhana
  • Bebas dari virus
  • Terpasang secara otomatis
  • Terdapat berbagai pilihan tema

Jadi itulah tadi beberapa cara mengembalikan keyboard HP Vivo yang bisa Anda lakukan. Silahkan coba cara tersebut mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Bagikan Postingan: