Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Sendiri dan Penyebabnya

Apakah Anda penasaran bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi restart sendiri? Kalau begitu maka artikel yang terdapat dibawah ini dijamin akan membantu Anda dalam mengatasi masalah ini. Terlebih lagi kalau terjadinya secara berulang-ulang.

Apabila perangkat Anda ini terus mengalami restart sendiri maka biasanya dapat menjadi indikasi bahwa perangkat tersebut sedang mengalami masalah. Tentu saja itu dapat mengganggu produktivitas yang Anda miliki terutama kalau sedang asyik nonton film, main game ataupun scrolling berita di sosmed.

Tentu saja rasanya sangat menyebalkan sekali bukan? bahkan kemungkinan Anda langsung ingin melemparkan ponsel tersebut. Terlebih lagi sudah melakukan penonaktifkan daya ponsel tetapi juga masih belum berhasil.

Penyebab HP Xiaomi Mengalami Restart Sendiri

Penyebab HP Xiaomi Mengalami Restart Sendiri

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi restart sendiri, maka perlu memahami penyebabnya dahulu. Sebab dengan mengetahui penyebabnya itulah, Anda bisa dengan mudah dalam memilih solusi yang paling tepat.

Adapun masalah tersebut biasanya dikenal dengan sebutan bootloop atau brick dimana ponsel terus mati otomatis dan tidak dapat masuk ke dalam sistem. Biasanya Anda juga akan menemukan ponsel hanya stuck di logo saja nantinya.

Oleh karena itulah penting bagi Anda agar mencari tahu dahulu penyebab dari masalah tersebut.

Memori Yang Sudah Penuh

Penyebab hp Xiaomi restart berulang-ulang pertama adalah karena ruang memori yang penuh. Sebagai pengguna dari ponsel ini, tentunya Anda pernah mendapatkan notifikasi berupa ruang penyimpanan sudah penuh bukan?

Baca Juga:  Wallpaper Bergerak untuk HP Xiaomi agar Tampilan Jadi Menarik

nah ternyata ini juga menjadi salah satu penyebab dari HP Xiaomi kesayangan Anda tersebut mengalami muat ulang sendiri.

File Sampah yang Terlalu Menumpuk

Setiap perangkat android termasuk vendor smartphone satu ini pastinya menyimpan sampah atau cache bukan? apabila dibiarkan secara terus menerus, tentu akan membuat perangkat menjadi mati sendiri.

Cache atau file sampah inilah akan membuat kinerja dari CPU, RAM serta GPU jauh lebih berat sehingga kami sarankan agar membersihkannya terlebih dahulu.

Mengalami Overheat

Masih ada penyebab hp Xiaomi Restart yakni karena mengalami overheat alias terlalu panas didalamnya. Sebab suhu perangkat dapat terjadi ketika terus menerus memainkan game online dengan ukuran berat ataupun membuka aplikasi maps secara terus-menerus.

Baterai Mengalami Kerusakan

Penyebab lainnya yang mungkin dapat menjadi faktor adalah karena terjadinya masalah pada hardware bukan software. Sebab ada kemungkinan besar bahwa baterai dari HP Xiaomi sudah rusak alias mengalami ngedrop.

Untuk mengetahuinya dapat dilakukan apabila pengguna menemukan adanya keanehan misalnya persentase baterai sering mendadak habis atau tidak, padahal Anda baru saja mengisi ulang daya didalamnya.

Aplikasi Yang Berjalan Secara Bersamaan

Bisa jadi penyebab dari perangkat mengalami masalah diatas adalah karena adanya aplikasi yang berjalan secara bersamaan di latar belakang. Apabila sudah begitu, tentu dapat memakan jumlah RAM secara berlebihan.

Dengan begitu akan membuat kinerja dari prosesor akan semakin lambat, terutama kalau RAM pada ponsel kecil. Karena itulah usahakan jangan terlalu sering menggunakan aplikasi secara bersamaan.

Kerusakan Yang Terjadi Pada File Sistem

Penyebab lainnya bisa saja dikarenakan adanya kerusakan pada file sistem yang terdapat pada perangkat. Biasanya dapat terjadi apabila Anda melakukan rooting ataupun flash rom yang memang memberikan banyak risiko.

Salah satunya adalah ketika hp hanya nyangkut alias tidak dapat masuk ke dalam sistem. Kalau sudah begitu, maka besar kemungkinan file sistem telah mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Sendiri Dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Sendiri Dengan Mudah

Masalah satu ini memang membuat Anda merasa tidak nyaman dan kesal bukan? jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan hanya beberapa langkah saja. Kami sudah mengumpulkan beberapa cara mengatasi HP Xiaomi mengalami restart terus ini.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan apabila mengalami masalah tersebut.

Melakukan Restart Manual

Langkah pertama yang bisa digunakan adalah Anda dapat melakukan restart secara manual. Cara inilah akan berguna untuk mengeluarkan aplikasi dan sistem dapat berjalan dengan normal kembali.

Untuk melakukan restart ulang inilah ternyata dapat dilakukan dengan cara menekan tombol power, kemudian dapat tab pada reboot. Tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke dalam menu.

Hapus Data Pada Aplikasi

Cara lainnya yang dapat digunakan oleh pengguna adalah dengan menghapus data pada aplikasi. Silahkan hapus data dari beberapa aplikasi dimana terdapat pada perangkat sehingga memori internal dapat lebih lega.

Berikut ini langkah-langkah dalam menghapus data di dalam aplikasi dengan mudah dan cepat:

  • Buka settings
  • Aplikasi manager
  • Pilihlah salah satu aplikasi dimana akan dihapus datangnya
  • Klik pada clear data.

Menghapus Cache Pada Perangkat

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa penyebab HP mengalami restart adalah karena cache menumpuk pada perangkat. Disinilah Anda bisa mencoba untuk menghapus cache yang terdapat pada perangkat Anda tersebut.

Cara inilah ternyata juga sangat ampuh karena dapat membantu membuat kinerja dari ROM serta RAM akan semakin ringan. Untuk melakukannya, Anda dapat masuk ke aplikasi bawaan cleaner atau security dan juga bisa melalui menu settings.

Menghapus Aplikasi

Aplikasi yang sudah tidak terpakai biasanya memang hanya akan memenuhi ruang penyimpanan pada ponsel. Nah, ruang penyimpanan habis itulah ternyata bisa mengakibatkan kinerja dari perangkat akan melambat.

Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Itulah sebabnya kami sarankan agar Anda menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu, maka ponsel dapat memiliki ruang penyimpanan cukup.

Mengatasi Dengan Wipe Cache Partition

Mengatasi Dengan Wipe Cache Partition

Masih ad acara lainnya dimana dapat digunakan untuk mengatasi masalah satu ini yakni dengan wipe cache partition juga. Cara ini dapat digunakan apabila langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil dengan baik.

Untuk cara ini memang lebih rumit dibandingkan dengan sebelumnya karena harus masuk ke dalam menu recovery mode Xiaomi. Tetapi jangan khawatir karena kami akan berikan panduannya dibawah ini.

  • Silahkan matikan perangkat Xiaomi
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up, Volume Down serta tombol power secara bersamaan
  • Lepaskan apabila telah muncul logo Android
  • Silahkan gunakan tombol volume sebagai navigasi
  • Tab pada wipe cache partition
  • Dan pilihlah reboot.

Cara Melakukan Factory Reset

Apabila cara diatas sudah dilakukan tetapi ponsel masih sering restart sendiri maka satu-satunya cara adalah dengan melalukan facory reset alias kembali ke setelan pabrik. Untuk melakukan cara ini maka sebaiknya harus melakukan backup data dan file terlebih dahulu.

Sebab dalam prosesnya nanti, Anda akan mengembalikan pengaturan atau sistem didalamnya seperti pertama kali membelinya. Berikut ini panduan untuk masuk ke dalam factory reset

  • Buka settings pada Xiaomi
  • Pilihlah additional settings
  • Tab pada backup dan reset
  • Pilihlah menu factory reset dan nantinya terdapat notifikasi data apakah yang akan dihapus
  • Tab erase store content untuk membuat ponsel bersih dan klik reset phone.

Ponsel yang restart sendiri memang membuat sebagian besar dari Anda akan merasa kesal bukan? Oleh karena itulah Anda harus memahami cara mengatasi HP Xiaomi Restart sendiri dengan mudah.

Leave a Comment