Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Jangan Langsung Panik!

Jangan langsung panik begitu saja! Karena cara mengatasi HP kemasukan air dibawah ini dijamin akan membuat Anda tidak jadi membawanya ke tempat service. Tapi memang Anda perlu memberikan penanganan khusus apabila hal tersebut terjadi pada diri sendiri.

Penggunaan smartphone memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dengan kebiasaan masyarakat di Indonesia. Tetapi terkadang, ada suatu momen dimana sedang asyik-asyik menggunakannya justru perangkat kemasukan cairan.

Tentu saja hal tersebut akan membuatmu panik dan ingin segera memastikan apakah sudah terdapat kerusakan ataukah belum bukan? sebenarnya dibandingkan Anda panik, terdapat beberapa cara mengatasi hp kena air dengan tepat sehingga tidak mengakibatkan konsleting.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Cek Berikut

Tidak bisa dipungkiri bahwa HP yang kemasukan air akibat tercebur ataupun tersiram memang menjadi kejadian yang cukup menyebalkan bukan? Terlebih lagi kalau ponsel yang dimiliki belum dibekali dengan adanya teknologi IP63 tentu akan membuat pemiliknya merasa khawatir.

Sebenarnya kalau Anda mengalami masalah hp kemasukan air, sebaiknya jangan langsung panik begitu saja. Sebab kami sudah menyiapkan beberapa cara yang dapat digunakan apabila ponsel Anda mengalami masalah satu ini.

Segera Selamatkan HP Dari Air

Apabila penyebab HP kemasukan air karena tercebur dari air atau terkena genangan, maka sebaiknya segera selamatkan perangkat dari air. Sebab apabila Anda menunggunya hingga beberapa saat, maka potensi air mengalir ke bagian ponsel akan semakin besar.

Baca Juga:  Simak Dan Ketahui! 6 Cara Memperbaiki Layar Hp Tidak Merespon

Oleh sebab itulah, apabila Anda menemukan perangkat terkena air, maka segera pindahnya ponsel tersebut dari tempat aman alias terbebas dari adanya air.

Matikan Ponsel Terlebih Dahulu

Langkah berikutnya adalah Anda bisa mematikan daya ponsel terlebih dahulu sesudah menyelamatkan perangkat dari air tersebut. Terlebih lagi, cairan dimana sudah masuk ternyata cukup berbahaya karena dapat memenuhi komponen didalam ponsel.

Agar tidak sampai terjadi konsleting yang lebih parah, maka kami sarankan agar segera mematikan perangkat terlebih dahulu. Terlebih lagi, air menjadi musuh bagi listrik secara besar.

Hindari Menekan-nekan Sembarangan Tombol

Cara lainnya untuk mengatasi masalah ini adalah sebaiknya jangan menekan sembarangan tombol. Sebab apabila Anda menekan sembarangan tombol juga berikan kesempatan bagi cairan untuk masuk ke dalam smartphone lebih banyak.

Tetapi perlu diingat bahwa hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya berlaku pada HP modern yang hanya memiliki tombol power sekaligus volume suara.

Lap dan Bersihkan Bagian LCDnya

Masih ada cara mengatasi HP kemasukan air lainnya yakni Anda wajib untuk menyelamatkan bagian dari LCD. Terutama pada smartphone, maka LCD mempunyai peran yang sangat penting dan apabila terkena air dapat mengakibatkan masalah baru.

Untuk membersihkannya itulah, Anda dapat menggunakan kain ataupun tisu lembut terlebih dahulu. Sebagai informasi tambahan, LCD sendiri terbuat dari material filamen lunak sehingga kurang tahan terhadap cairan.

Keluarkan Semua Komponen Didalam Ponsel

Agar dapat menghindari kerusakan lebih parah, maka kami sarankan agar mengeluarkan semua komponen yang terdapat didalam ponsel. Beberapa komponen penting tersebut seperti Sim Card dan microSD.

Apabila ponsel Anda masih menggunakan tipe baterai lepas pasang, maka dapat dikeluarkan juga dan kemudian keringkan menggunakan handuk atau tisu. Ini merupakan tahap awal dari proses penyelamatan HP dari air.

Baca Juga:  Tips Baterai HP agar Tahan Lama digunakan

Proses Mengatasi HP Kena Air Lainnya

Proses Mengatasi HP Kena Air Lainnya

Sudah melewati pertolongan pertama pada perangkat yang terkena air di atas? Masih ada lagi proses berikutnya yang perlu dilewati oleh Anda. Hal tersebut agar nantinya ponsel bisa segera normal seperti sedia kala.

Berikut ini sejumlah tips mengatasi HP kemasukan air yang wajib diketahui oleh Anda.

Jangan Menggoyang-goyangkan Perangkat

Sebagian besar dari pemilih smartphone akan panik dan menggoyang-goyangkan perangkat apabila ditemukan dalam kondisi kemasukan air. Namun sebaiknya jangan pernah menggoyang-goyangkan perangkat terutama selama beberapa kali.

Walaupun pengguna mungkin berpikir bahwa menggoyangkan perangkat bisa membuat cairan cepat keluar, tetapi hal tersebut justru akan memperparah kondisinya lho. Sebab cairan tersebut justru bisa masuk ke dalam hardware lain.

Hindari Penggunaan Pengering Rambut

Penggunaan hair dryer memang mempunyai peran sangat penting karena dapat membantu Anda lebih mudah dalam mengeringkan rambut. Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk mengeringkan smartphone kesayangan Anda.

Sebab pengeringan menggunakan alat inilah justru akan menaikkan suhu komponen listrik didalamnya dengan cepat. Sehingga biasanya akan memperparah keadaan dari perangkat Anda nantinya.

Jangan Jemur Dibawah Sinar Matahari

Selain menghindari penggunaan hair dryer untuk mengatasi ponsel kemasukan air, ternyata Anda juga tidak disarankan untuk menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Memang nantinya akan membuat kering lebih cepat, tetapi juga akan membuatnya semakin rusak lebih parah.

Gunakan Vaccum Cleaner USB

Di jaman modern seperti sekarang, Anda memang bisa dengan mudah menemukan berbagai teknologi termasuk kehadiran dari Vacuum cleaner USB ini. Alat inilah ternyata juga dapat digunakan untuk menarik cairan agar dapat keluar nantinya.

Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya maka sebaiknya harus mengeluarkan komponen-komponen kecil didalamnya seperti Sim card dan micro USB. Jangan sampai komponen tersebut rusak karena penggunaan alat ini.

Baca Juga:  Cara mengatasi speaker hp kemasukan air yang ampuh

Rendam Ke dalam Beras

Rendam Ke dalam Beras

Metode satu ini ternyata sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat terutama kalau mereka menemukan perangkat kemasukan cairan. Anda dapat menyiapkan sebaskom yang berisi beras kering dan rendam perangkat hingga tertutup dengan beras semuanya.

Bahaya Akibat HP Kemasukan Cairan

Menjadi salah satu perangkat yang diandalkan oleh hampir semua orang, ternyata hp juga tidak bisa dilepaskan dari namanya masalah. Dari sekian banyaknya masalah, maka kemasukkan air merupakan salah satunya.

Perlu diingat apabila perangkat Anda terkena cairan, maka bisa menyebabkan beberapa bahaya akibat HP kemasukan air tersebut diantaranya adalah

Mengalami Konsleting

Bahaya pertama akibat perangkat kesayangan terkena cairan ini adalah mengalami konsleting nantinya. Biasanya karena terdapat sejumlah hardware didalamnya yang sangat rentan mengalami kerusakan akibat terkena air.

Adanya konsleting itulah ternyata bisa mengakibatkan ponsel menjadi mati total. Kalau kondisi tersebut terjadi, maka kemungkinan besar Anda harus segera membawanya ke tempat service untuk diperbaiki.

Suara Speaker Menjadi Tidak Normal

Masalah lainnya yang dapat terjadi adalah suara speaker menjadi tidak normal karena komponen tersebut sudah terkena air. Apabila sudah kering, tetap saja bunyinya menjadi kresek-kresek sangat mengganggu sehingga Anda tidak akan nyaman.

Tidak Bisa Dicharge

Masih ada lagi bahaya akibat ponsel kemasukkan air yang perangkat Anda tidak akan bisa dicas atau charge. Memang nantinya perangkat dapat normal kembali, tetapi kalau pengguna menyalakannya maka masalah diatas bisa saja terjadi sehingga mengharuskan membawanya ke tempat service.

Selain sejumlah risiko diatas, ternyata perangkat yang terkena air juga bisa berisiko untuk mengalami LCD terdapat garis hingga mati total lho. Tidak ingin bukan hal tersebut terjadi? pahami dahulu cara mengatasi HP kemasukan air sekarang juga.

Leave a Comment