Aplikasi Al Quran untuk HP Android Terbaik dan Terlengkap 30 Juz

Membaca Al-Quran semakin mudah di era digital seperti sekarang. Dengan memanfaatkan ragam aplikasi Al Quran untuk HP, maka kalian bisa membacanya secara gratis per halaman hingga 30 juz. Bahkan, sebagian besarnya telah dilengkapi dengan fitur terjemahan, audio tartil, tajwid, dan bahkan tafsirnya.

Dibandingkan dengan Al-Quran fisik, tentunya aplikasi ini jauh lebih praktis. Karena bukan termasuk mushaf, maka tidak perlu berwudhu terlebih dahulu untuk menggunakannya. Apalagi, karena berupa software, maka kalian tetap bisa membawa HP kalian ke WC atau kamar mandi asalkan tidak membuka aplikasi di dalamnya.

Bahkan, beberapa aplikasi Quran untuk HP Android telah dilengkapi dengan beragam fitur lain yang menarik seperti halnya aplikasi jadwal sholat yang telah kami buat rinciannya. Mulai dari doa-doa harian, pengingat waktu baca Al Quran, info arah kiblat pun, hingga yasin dan tahlil pun tersedia di dalamnya.

Daftar Aplikasi Al-Quran untuk HP Android

Ini dia ragam aplikasi Al Quran terbaik dan terlengkap yang tersedia secara gratis dengan dukungan fitur audio, terjemahan, dan tajwid.

1. Qur’an Kemenag

Aplikasi Al-Quran untuk HP Android Terbaik dan Terlengkap 30 Juz

Seperti namanya, aplikasi satu ini merupakan besutan dari Kemenag atau Kementerian Agama RI. Jadi, isinya benar-benar sesuai dengan mushaf Quran yang sering kita baca pada Al-Quran fisik mengingat standar penulisannya yang sama.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yakni tersedia terjemahan lengkap 30 jus beserta tafsirnya. Bahkan, tersedia asbabun nuzul atau asal-usul turunnya ayat Al Quran. Cocok bagi kalian yang ingin mempelajari lebih mendalam tentang ayat suci.

Tak hanya itu, fitur murotal Al Quran pun tersedia di dalamnya. Walaupun pilihan qori nya tidak banyak, namun sudah lebih dari cukup sebagai sarana untuk mendengarkan Al Quran sekaligus memahami huruf-huruf yang  tepat.

JenisKeterangan
Nama AplikasiQur’an Kemenag
Developer AplikasiLajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an
Size / Ukuran Aplikasi11 MB
Rating Aplikasi4.7/5 (ulasan di Playstore)
Jumlah Download100 ribu+ download
Dukungan OS SistemMinimum Android versi 4.4 ke atas

2. Al-Qur’an Indonesia

Aplikasi Al Quran untuk HP Android

Dengan ukuran yang ringan, tampilan simpel, dan fitur yang lengkap menjadi aplikasi satu ini sebagai salah satu aplikasi Quran terbaik yang kami rekomendasikan untuk kalian download. Hal inilah yang menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi baca Al Quran paling populer di Google Playstore.

Aplikasi ini dapat berfungsi sepenuhnya secara offline. Namun, untuk mendengarkan murotal masing-masing surat, kalian perlu mendownloadnya dulu. Saat sudah di download, maka nantinya dapat diputar secara offline.

Pilihan Qori nya pun cukup banyak. Setidaknya ada 8 Qori internasional yang dapat kalian unduh nantinya. Jadi, cocok sekali dijadikan sebagai sarana baca sekaligus mempelajari Al Quran. Apalagi, telah tersedia fitur tajwid yang tergolong lengkap. Tak heran, aplikasi ini memiliki rating yang cukup tinggi yakni 4.8.

JenisKeterangan
Nama AplikasiAl Quran Indonesia
Developer AplikasiAndi Unpam
Size / Ukuran Aplikasi17 MB
Rating Aplikasi4.8/5 (ulasan di Playstore)
Jumlah Download10 juta+ download
Dukungan OS SistemMinimum Android versi 4.1 ke atas

3. MyQuran

Butuh aplikasi yang ringan dan bisa dipasang di HP Android versi lama? Cobalah MyQuran yang dapat kalian download langsung dari smartphone kalian masing-masing. Aplikasi besutan The Wali Studio ini memang layak untuk kalian gunakan walaupun tergolong aplikasi buatan lokal.

Selain gratis, aplikasi ini pun tidak terpasang iklan apapun, apalagi iklan yang mengganggu. Hanya saja, terdapat versi premium yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati ragam fitur tambahan yang terdapat di dalamnya. Namun, versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk sekedar membaca Al Quran dan memahami terjemahannya.

Tulisan huruf Al Qurannya pun telah disesuaikan dengan tipe huruf khas Indonesia. Selain itu, dilengkapi juga terjemahannya yang dipisahkan masing-masing ayat. Sayangnya, untuk saat ini belum tersedia tafsir per ayat sehingga kalian tidak bisa mempelajari makna masing-masing ayat secara menyeluruh.

JenisKeterangan
Nama AplikasiMyQuran
Developer AplikasiThe WALi Studio
Size / Ukuran AplikasiBervariasi sesuai perangkat
Rating Aplikasi4.8/5 (ulasan di Playstore)
Jumlah Download5 juta+ download
Dukungan OS SistemMinimum Android versi 4.1 ke atas

4. Al Quran Tafsir & per Kata

Untuk mendalami Al Quran secara lebih kompleks, maka aplikasi ini bisa kalian download. Pasalnya, terdapat fitur yang lengkap mulai dari terjemahan, huruf yang dibagi per kata, tajwid lengkap, tafsir, dan audio. Tak hanya itu, ukurannya pun sangat ringan dan bisa digunakan pada HP versi jadul mulai dari Android v4.0.

Fitur murotalnya sendiri pun memiliki setidaknya 30 qori bersuara merdu tingkat internasional. Walau bukan buatan lokal, namun terjemahannya sendiri menggunakan acuan dari Kemenag sehingga benar-benar mudah dipahami. Tak heran, ratingnya sangat tinggi yakni hingga 4,9 yang mendekati sempurna.

Untuk membantu menghafal, aplikasi Quran ini pun telah dilengkapi dengan catatan di masing-masing ayat surat. Jadi, bila kalian butuh catatan tertentu, maka bisa memberikannya secara langsung pada masing-masing ayat yang tersedia. Menarik bukan?

JenisKeterangan
Nama AplikasiAl Quran Tafsir & per Kata
Developer AplikasiGreentech Apps Foundation
Size / Ukuran Aplikasi16 MB
Rating Aplikasi4.9/5 (ulasan di Playstore)
Jumlah Download1 juta+ download
Dukungan OS SistemMinimum Android versi 4.0 ke atas

5. Quran Pro Muslim

Aplikasi Al-Quran untuk HP Android Terbaik dan Terlengkap 30 Juz

Setidaknya, ada jutaan pengguna Android yang telah membaca Al Quran dari aplikasi ini. Selain hadir dengan fitur yang begitu lengkap, Quran Pro Muslim juga memiliki tampilan antar muka yang begitu menarik. Hal inilah yang membuat rating di Playstore cukup tinggi dibandingkan aplikasi lainnya.

Quran Pro Muslim pun dapat bekerja sepenuhnya tanpa internet. Bahkan bisa mendengarkan berbagai murotal dari qori terbaik di dunia yang terkenal akan lantunan suara merdunya. Bagi yang ingin belajar murotal, maka aplikasi Al Quran untuk HP Android ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kalian coba.

Tak hanya itu, tersedia pula fitur terjemahan dan tafsir dari para ahli tafsir populer layaknya Dr. Mahmood, Dr. Yusuf Ali, hingga Dr. Mohsin. Dengan begitu, kalian tak hanya bisa belajar membaca Al Quran saja, melainkan juga mempelajari tafsirnya agar paham makna di setiap ayat-ayatnya.

JenisKeterangan
Nama AplikasiQuran Pro Muslim
Developer AplikasiQuanticapps
Size / Ukuran AplikasiBervariasi sesuai perangkat
Rating Aplikasi4.7/5 (ulasan di Playstore)
Jumlah Download1 juta+ download
Dukungan OS SistemBervariasi sesuai perangkat

Itulah beragam aplikasi Al-Quran untuk HP Android yang memiliki kualitas terbaik dan sepenuhnya gratis. Silakan manfaatkan salah satu di antaranya untuk keperluan membaca Al-Quran untuk menambah pundi-pundi pahala. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di Mojokbisnis.com.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment